Studi tentang warna mug

Jika Anda terbiasa menikmati kopi menggunakan cangkir favorit, pastikan cangkir tersebut tidak berwarna putih. Menurut para peneliti, warna ternyata mampu mengubah rasa kopi yang Anda minum.

Ya, sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengklaim bahwa cangkir atau gelas berwarna putih yang digunakan untuk menyajikan kopi mampu mengubah cita rasa kopi. 

Seperti dilansir dari Foodbeast, studi yang dipublikasikan di jurnal ilmiahFlavour mengungkapkan, kopi di cangkir berwarna putih cenderung memiliki rasa pahit yang lebih dibandingkan kopi sama yang disajikan di dalam cangkir transparan atau warna biru.

Studi tersebut melibatkan peserta studi yang diberi kopi menggunakan cangkir dengan berbagai warna. Peserta kemudian meminum kopinya dan memberi nilai kopi berdasarkan intensitas, kepahitan, aroma, kualitas dan akseptabilitas untuk setiap warna cangkir. 

Hasil menunjukkan bahwa kopi di cangkir biru ditafsirkan manis dan paling dapat diterima untuk dikonsumsi. Sementara itu, cangkir putih ternyata mampu menarik reaksi negatif terkuat untuk setiap kategori penilaian

Para peneliti menduga perbedaan antara warna kopi dan cangkir mempengaruhi persepsi peminum minuman tersebut, walaupun kopi yang disajikan merupakan kopi berkualitas tinggi.